Cocok Buat Harian Modifikasi Kawasaki Z250 Scrambler

Motorgue, 19 Jun 2020
  • Kawasaki Z250 Scrambler
    Cocok Buat Harian Modifikasi Kawasaki Z250 Scrambler
Buat pemilik Kawasaki Z250 yang ingin custom motornya, bisa mengambil referensi ini. Yaitu Kawasaki Z250 beraliran scrambler, milik Alfa yang digarap oleh Studio Motor. Konsepnya sendiri jelas scrambler, yang rupanya paling cocok buat dipakai harian. Lantas, apa saja ubahan Kawasaki Z250 ini, sehingga asyik diajak riding di jalanan Jakarta yang padat. Kebetulan Motorplus-online berbincang-bincang dengan Donny Ariyanto, owner Studio Motor. "Memang scrambler paling enak buat harian, terutama karena spesifikasinya," tunjuk Donny. Motor scrambler punya desain ringkas, serta posisi riding yang cenderung tegak. "Mau dipakai riding dalam kota sampai turing juga enak, pengendara tidak mudah capek dan tetap sigap," lanjutnya.

Untuk motor Alfa sendiri, Kawasaki Z250 dibongkar total oleh tim Studio Motor. Selanjutnya dibuat bodi baru dengan material pelat galvanis setebal 1,2 mm. Seperti tangki, side cover samping, serta sepatbor pendek khas motor scrambler. Biar manis, bodinya dicat merah-hitam oleh Comet Studio, yang jadi andalan Studio Motor dalam pengecatan grafis. Scrambler sendiri punya ciri khas buntut pendek, makanya subframe Z250 dipotong. “Subframe dibikin lebih datar, karena aslinya Z250 meninggi,” jelas Donny. Digantikan besi seamless 3/4 inci, dengan penutu jok rata dengan kulit sintetis MBtech. Lanjut ke kaki-kaki, dipasang komponen kekar dari beragam motor.

Depan pakai upside down Yamaha Xabre, yang terlihat kokoh dan mewah. Lalu swing arm pakai copotan moge, tepatnya Honda CBR600RR. “Pemasangan swing arm disesuaikan sasis Z250. Papas sedikit dan bushing dalam disesuaikan dengan frame,” ujar Donny. Pelek pakai jari-jari TK, dengan diameter depan 18 inci dan belakang 17 inci. Bannya pakai Shinko E-805 bertapak kasar, biar ciri khas scrambler-nya kuat.Terakhir, Donny tetap menyertakan panel instrumen bawaan motor pada tempatnya. “Kalau modifikasi motor injeksi jarang ganti (spidometer), agar fungsinya tetap normal,” tutupnya. Hasilnya memang ganteng banget, dan tetap asyik diajak harian.
Sumber: