Honda PCX 150 Jadi Tiga Warna Dan Lebih Terang Bisa Tembus Kabut

Motorgue, 20 Jun 2020
  • Lampu Depan Honda All New PCX 150
    Honda PCX 150 Jadi Tiga Warna Dan Lebih Terang Bisa Tembus Kabut
Salah satu daya tarik Honda PCX 150, ada di lampu depannya. Selain modelnya futuristis dan lebar, pencahayannya juga sudah pakai LED yang irit daya. Namun buat yang kurang puas, ada pilihan modifikasi nih terutama buat yang suka turing. Karena modifikasi lampu Honda PCX 150 ini, punya pilihan cahaya yang bisa menembus kabut, yuk simak ulasannya.Modifikasi ini datang dari workshop Kedai Riders, yang bermarkas di di Jl. Puri Beta Utara no. 58, Larangan Utara, Tangerang. Workshop milik Rahmat Nya Musliah yang akrab disapa Yoyo ini memperkenalkan lampu 3 in 1, alias tiga warna dalam satu lampu. Lampu ini terdiri dari warna putih 6.500 Kelvin, Kuning 3.500 Kelvin untuk menembus kabut, dan warm white 4.500 K yang merupakan gabungan dari keduanya. “Jika motor dimatikan, otomatis lampu akan kembali ke putih 6.500 K saat dinyalakan kembali, sebutannya smart switching,” sebut Yoyo.

Kenapa bisa kembali ke warna lampu asal? Ini demi membuat kedua lampu pada kanan dan kiri menjadi balance alias seimbang. Penggantian lampu modifikasi ini. harus disertai dengan pemasangan sakelar tambahan untuk on/off lampu. Untuk contoh motor yang sudah digarap Yoyo, saklarnya memakai Bajaj Pulsar 200NS. Karena saklarnya ada beragam mode, mengganti warna lampunya cukup hidup-matikan lampunya, nanti akan berubah dari putih, kuning dan warm white. Yang pasti, pemasangannya dijamin masuk dengan batok bawaan PCX. Namun, harus dilakukan penyesuaian. Oleh karena itu harus dikerjakan di Kedai Riders. Cara pasangnya pertama-tama copot batok lampu, setelah terlebih dahulu membuka seluruh bodi depan. Selanjutnya, Yoyo dan timnya akan membuat mal yang mengikuti bentuk dudukan lampu standar.

Lampu LED 3 in 1 ini dirangkai pada dudukannya yang terbuat dari aluminium, dan dibuat dua untuk kanan dan kiri. Rangkaian lampu yang sudah rapi beserta driver-nya, tinggal dipasang pada batok lampu PCX. Setelah itu rakit kembali batok lampu, sekaligus dilem agar rapat dan kedap air.
Pengerjaannya memakan waktu sekitar 6 jam, karena ada alasan tertentu. “Yang bikin lama karena harus menunggu lem mengering sebelum bisa dipasang kembali,” ujar pria yang juga sering ngoprek Play Station ini. Selain itu, setiap motor yang datang harus dibuatkan rakitan lampunya satu per satu, karena rangkaiannya belum ready stock. Lampu dengan daya 50 watt ini dibanderol Rp 2,450 juta termasuk pasang. Kemudian batok dibongkar dan copot lampu beserta dudukannya. Kalau mau paket komplit, bisa sekaligus pasang paket all in yang terdiri dari ‘alis’ LED beserta sein. Lalu sakelar diganti punya Bajaj Pulsar 200NS yang sudah dilengkapi sakelar on/off lampu.
Sumber: