Cara Mudah Perpanjang SIM Secara Online

Motorgue, 07 May 2020
  • Cara Mudah Perpanjang SIM Secara Online
    Cara Mudah Perpanjang SIM Secara Online
Surat Izin Mengemudi (SIM) memiliki masa berlaku hanya 5 tahun. Sehingga, masing-masing pemegang SIM harus secara periodik memperpanjang masa berlakunya.

Jika melewati masa berlaku, SIM akan dianggap tak berlaku dan harus mengajukan permohonan penerbitan SIM baru. Selain mendatangi kantor Satpas, memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) juga bisa dilakukan secara online.

Cara Perpanjang SIM Online

Menurut laman Korlantas Polri, hal pertama yang harus diketahui adalah melakukan Registrasi SIM Online. Registrasi SIM Online merupakan suatu web aplikasi yang digunakan untuk melakukan registrasi penerbitan SIM baru ataupun perpanjangan.

Namun, Registrasi SIM Online hanya berlaku untuk SIM A dan SIM C. Meski begitu, memperpanjang SIM secara online memiliki beberapa kelebihan.

Antara ain, bisa dilakukan sewaktu-waktu tanpa harus datang ke Satpas selama terhubung dengan internet, mengurangi antrean, serta lebih efektif dan efisien.

Registrasi

Cara perpanjang SIM secara online yang pertama yakni dengan mendaftarkan diri ke dalam sistem perpanjang SIM yang dibuat oleh Korlantas Polri. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan guna memperpanjang masa berlaku SIM Anda:

  1. Pertama, buka website http://sim.korlantas.polri.go.id.

  2. Pilih menu Registrasi Online.

  3. Selanjutnya, klik pada menu Pendaftaran SIM Online.

  4. Setelah itu, maka Anda akan diarahkan untuk melihat Informasi Pendaftaran Online seperti lokasi Satpas, keterangan persyaratan, panduan penggunaan website, hingga formulir data permohonan yang terdapat di halaman.

  5. Pilih lokasi kantor Satpas yang terdekat dengan tepat domisili Anda.

  6. Setelah itu, isi Formulir Data Permohonan di halaman yang selanjutnya.

  7. Selanjutnya, isi Data Keadaan Darurat dan Konfirmasi Data Input.

  8. Setelah memastikan kesesuaian data, kemudian pilih tanggal pengambilan SIM yang telah diperpanjang tersebut.

  9. Langkah terakhir, pilih Kirim dan konfirmasi registrasi online melalui email.

Pembayaran 

Cara perpanjang SIM yang selanjutnya yakni melakukan pembayaran yang telah ditagihkan di alamat email Anda. Sistem pembayaran biaya perpanjang SIM dapat dilakukan melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari bank yang dipercaya, EDC, maupun teller bank yang bekerjasama dengan Korlantas Polri dalam hal perpanjang SIM secara online.

Pemeriksaan Kesehatan

Setelah selesai membayar biaya tagihan Anda, cara perpanjang SIM berikutnya yakni pemeriksaan kesehatan. Untuk dapat melakukan perpanjang SIM secara online, Anda diminta untuk menjalani beberapa tes guna mengetahui kesehatan jasmani.

Pada langkah ini, beberapa dokumen penunjang pun perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Di antaranya yakni surat kesehatan mata yang merupakan syarat wajib bagi Anda yang ingin memperpanjang masa berlaku SIM.

Maka dari itu, pastikan untuk melakukan tes mata seperti buta warna terlebih dahulu sebelum melakukan langkah yang selanjutnya untuk mengambil SIM yang telah diperbarui masa berlakunya.

Kunjungi Gerai/Satpas/Mobil SIM Keliling

Cara perpanjang SIM yang selanjutnya yakni kunjungi lokasi Satpas, gerai, ataupun mobil SIM keliling yang terdapat pada informasi laman website Korlantas Polri. Hal ini dapat dilakukan tentunya setelah memilih tanggal kedatangan Anda.

Sebelum berkunjung ke lokasi yang dipilih, maka pastikan untuk melengkapi beberapa persyaratan yang harus dibawa dan dibutuhkan untuk mengambil SIM Anda.

Setelah Anda menyebutkan informasi yang telah Anda masukkan ke dalam laman Registrasi SIM Online, maka otomatis pihak kepolisian akan memeriksa dan mencocokkan data Anda.

Apabila data telah sesuai, maka pihak kepolisian selanjutnya akan meminta beberapa data fisik Anda seperti pengambilan foot, sidik jari, dan tanda tangan guna keperluan identifikasi serta verifikasi data.

Pengambilan SIM

Setelah selesai dengan berbagai data dan prosedur yang dibutuhkan, maka cara perpanjang SIM yang terakhir yakni mengambil SIM yang sudah jadi. Biasanya, pihak kepolisian akan memanggil nama Anda secara langsung apabila SIM yang telah diperbarui tersebut telah tercetak.

Tidak perlu khawatir, sebab pencetakan SIM yang telah diperbarui ini biasanya tidak berlangsung lama sehingga Anda tetap dapat menghemat waktu Anda secara efisien.

Cara Perpanjang SIM B

Perpanjang SIM B tidak dapat dilakukan secara online. Maka dari itu, cara perpanjang SIM B hanya dapat dilakukan dengan mengunjungi lokasi Satpas secara langsung.

Beberapa syarat yang perlu dilengkapi sebelum datang ke lokasi yakni meliputi KTP asli, fotocopy KTP, SIM asli, surat keterangan sehat dari dokter ataupun Puskesmas, serta biaya administrasi.

Caranya, lakukan pendaftaran di loket Satpas dan ambil formulir. Setelah itu, Anda dapat mengunjungi loket kesehatan untuk dilakukan cek mata dan tekanan darah.

Setelah itu, berikan hasil tes kesehatan dan berbagai dokumen yang diperlukan di ruang informasi dan pendaftaran pemohon SIM. Setelah mendapatkan formulir biru dan kartu asuransi, maka selanjutnya minta formulir pengajuan perpanjangan SIM di loket pendaftaran.

Isi berkas yang dibutuhkan dan tunggu giliran Anda untuk diambil foto, sidik jari, dan tanda tangan. Lalu tunggu antrean untuk mendapatkan SIM baru Anda.

Sumber: otosia