Keseringan Isi Bensin Premium Bisa Bikin Motor Rusak

Motorgue, 17 May 2020
  • Ilustrasi isi bensin
    Keseringan Isi Bensin Premium Bisa Bikin Motor Rusak
Motor ketika keseringan diisi bensin premium bisa bikin motor rusak. Memang, bensin Premium harganya paling murah dibanding bensin lain, karena disubsidi Pemerintah. Tapi, sebenarnya buat motor zaman now, yang kebanyakan buatan Jepang sudah enggak cocok lagi memakai bensin premium. Makanya bahan bakar berkualitas tinggi, berhubungan dengan kandungan oktan dalam bensin.

Makin tinggi kandungan oktan dalam bensin, mutunya semakin bagus. Karena oktan bensin semakin tinggi akan tahan kompresi tinggi sehingga tidak ngelitik. Jika mengikuti rekomendasi dari Pertamina, motor-motor yang masih dijual sekarang tidak bisa mengenggak bensin Premium. Apakah yang akan terjadi jika motor-motor keluaran baru masih menggunakan bensin Premium.

Bahan bakar atau bensin yang tersedia di pasaran saat ini memiliki berbagai nilai oktan. Bagi pemilik sepeda motor injeksi, wajib paham memilih bensin yang tepat sesuai dengan kompresi yang dibutuhkan mesin. Sejatinya, patokan level kompresi ini juga berlaku pada motor dengan karburator.
Sumber: