Dengan cicilan mulai rp 300 ribuan, anda sudah bisa memiliki skutik listrik

Motorgue, 27 Jun 2020
  • Skutik Listrik Viar Q1
    Dengan cicilan mulai rp 300 ribuan, anda sudah bisa memiliki skutik listrik
Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan skutik listrik. Ya, karena skutik listrik ini merupakan alat transportasi darat yang sedang populer. Karena Skutik listrik ini sangat ramah lingkungan, dan skuter ini, tentu saja memakai bahan bakar listrik. Adapun resiko untuk menggunakan skuter listrik yaitu ada beberapa faktor, bisa dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal, seperti pengguna yang teledor saat penggunaan alat transportasi ini, sehingga bisa mengakibatkan cedera ringan seperti keseleo, memar dan lainnya. Faktor eksternal, contohnya seperti kecelakaan pengguna Grab Wheels akibat kesalahan pengendara mobil.

Motor listrik sekarang sudah bisa didapatkan mulai harga dari Rp 18 jutaan. Pembeli sudah mendapatkan STNK dan BPKB, seperti sepeda motor kebanyakan. Karena zaman sekarang motor listrik bisa dimiliki oleh siapa saja, bukan kaum minoritas saja. Dan sekutik ini juga tak kalah ekonomis. 

Skuter listrik ini pun harganya bersain dengan motor dengan bahan bakar pada umumnya. Meskipun begitu, harga motor listrik lebih mahal dari skutik entry level seperti Honda Beat, Yamaha Mio M3 125 atau Suzuki Nex II sekalipun. Tapi pihak Viar bersama perusahaan pembiayaan, memberikan beberapa kemudahan. Seperti disampaikan oleh pihak Viar Motorindo (diler Viar Indonesia) berikut. Ada beberapa pilihan melalui daftar skema kredit Viar Q1 yang kami terima. Mulai dari Rp 9,5 juta, Rp 10,5 juta, Rp 11,5 juta sampai Rp 12,5 juta.

Meski begitu, konsumen diuntungkan karena DP besar tadi membuat cicilan menjadi ringan. Sebagai contoh untuk uang muka Rp 9,5 juta, cicilan yang mesti dibayarkan untuk tenor 35 bulan hanya Rp 469 ribu. Bisa pula Anda pilih opsi tenor 29 bulan dengan angsuran per bulan Rp 537 ribu saja. Jika ingin bunga lebih ringan, sila ambil cicilan Rp 619 ribu untuk masa angsuran selama 23 bulan.

Lain cerita jika Anda berani menyetor DP termahal (12,5 juta). Untuk lamanya angsuran 29 dan 35 bulan, cicilan tiap bulan hanya berkisar Rp 300 ribuan saja. Misal tenor paling lama (35 bulan), per bulan cukup setor Rp 336 ribu. Begitu pula tenor 29 bulan: Rp 383 ribu. Bila tak mau berlama-lama mencicil, coba alihkan kredit kepada tenor 23 dan 17 bulan. Masih bersahabat dengan angsuran Rp 400-500 ribuan. Menurut pihak diler, pembeli juga tak butuh inden untuk mendapatkan Viar Q1.

Viar Q1 sendiri terbilang mungil. Dimensinya hanya 1.680 x 690 x 1.220 mm (PxLxT). Ditambah lagi padu padan roda berdiameter 10 inci. Kesan minimalis tertuang jelas melalui penyajian tubuhnya. Simple tanpa banyak ornamen. Namun, kesan futuristis terpancar kala melihat bentuk headlamp. Jenis lampu LED dipilih untuk DRL, sementara model proyektor dipakai untuk penerangan depan (low beam dan high beam).

Perhatian utama tentu saja soal sumber tenaga. Skutik elektrik ini menggunakan baterai Lithium-ion 60v 23ah yang mengalir ke sistem penggerak (motor listrik) buatan Bosch. Dituliskan Viar Q1 mampu mengail daya 800 watt dengan jangkauan kecepatan maksimal 60 kpj. Pengisian ulang daya baterai pun terbilang mudah karena dapat dilakukan melalui colokan listrik rumahan. Dari kondisi kosong hingga penuh membutuhkan waktu 4-5 jam. Sebagai informasi, bagasi Viar Q1 terbaru dapat mengakomodasi dua unit baterai sekaligus. Dengan begitu, Anda bisa menempuh perjalanan lebih jauh. Namun, baterai tambahan ini dijual terpisah dengan harga sekitar Rp 5 juta.

Anda tetap bisa mengeksplorasi kemampuan si motor. Pasalnya, di sana juga terdapat dua mode berkendara. Jika ingin rileks, cukup aktifkan mode Standar. Sebaliknya, pindahnya ke mode Sport ketika ingin merasakan tenaga berlebih dari si motor. Sistem pengunciannya masih menggunakan kunci model konvensional. Namun, Viar Q1 punya kelengkapan berupa remote. Dari situ pula pemilik dapat mengaktifkannya (posisi ON) tanpa harus memutar kontak melalui rumah kunci. Fitur lain, Q1 sudah berpelengkap alarm.

Lantas soal handling. Viar Q1 terbilang ramah. Jok yang rendah, dek rata serta dimensi mungil tadi membuatnya asyik untuk teman mobilitas. Terlebih lagi bobotnya hanyalah 78,5 kg saja. Dan, Anda tak perlu khawatir melewati genangan air karena ground clearance dari skutik listrik ini lumayan tinggi, yaitu 155 mm. 
Sumber: oto