5 Langkah Mengencangkan Rantai Motor Kendur

Motorgue, 28 May 2020
  • Mengencangkan Rantai Motor
    5 Langkah Mengencangkan Rantai Motor Kendur
Berikut ini langkah-langkah mengencangkan rantai motor yang kendur.
Sepeda motor perlu dirawat secara rutin agar performanya tetap prima saat digunakan berkendara. Bukan hanya soal mesin, tetapi juga bagian rantai motor.
Cepat atau lambat rantai motor akan kendur dengan sendirinya. Jelas hal ini akan membuat berkendara tak nyaman, karena akan timbulkan suara berisik. Lantas bagaimana langkah-langkah mengencangkan rantai motor, dilansir dari laman resmi Suzuki, dan berikut ini tata caranya.

1. Pakai Standar Tengah

Sebelum kencangkan rantai motor yang kendur, standarkan kendaraan pakai standar tengah. Jika menggunakan standar samping, maka motor tidak bisa berdiri sempurna. Nantinya akan sedikit kesulitan apabila akan mengencangkan rantai.

2. Kendurkan Mur As Roda

Langkah selanjutnya, kendurkan mur as roda pada sisi kiri dan kanan pakai kunci ring. Ketika memutar satu bagian, jangan lupa juga untuk menahan bagian sisi lainnya dengan kunci lain agar tak ikut berputar.

Namun jangan sampai terlalu kendur atau bahkan terlepas. Tujuan mengendurkan mur as roda adalah memudahkan memaju mundurkan roda belakang.

3. Kendurkan Baut Braket Kaliper

Berikutnya,  harus kendurkan baut braket dari kaliper rem belakang. Bagian ini biasanya berada di swing arm suspensi belakang di sisi kanan roda. Tetapi, langkah ini hanya berlaku jika motor pakai rem cakram. Apabila kendaraan pakai tromol, lewati tahapan satu ini.

4. Putar Mur Adjuster Rantai

Tahap selanjutnya adalah putar adjuster rantai secara bersamaan atau paling tidak memiliki putaran yang sama.
Perlu diketahui mur adjuster rantai ada duna di sisi kanan dan kiri yang terletak di ujung swing arm roda. Jika putaran keduanya tak sama, bisa berakibat fatal pada roda belakang. Karena posisinya akan miring atau tidak di tengah.
Putarlah setiap mur dengan bertahap, satu dua putaran pada sisi kiri, kemudian sisi kanan dan begitu seterusnya. Kemudian cek kekencangan rantai, jika dirasa cukup sudahi langkah satu ini.

5. Kencangkan Lagi Semua Mur Baut

Jika semua tahapan selesai,  tinggal mengencangkan lagi semua mur baut yang tadi telah dikendurkan. Namun, jika motor bebek dan pakai rem tromol, maka harus menyetel ulang bagian tersebut.
Disebabkan setelah menyetel rantai, posisi roda belakang akan semakin ke belakang. Sehingga rem tromol tertarik makin ke dalam.

Sumber: otosia