Memahami Fungsi Filter Udara Sepeda Motor

Motorgue, 28 May 2020
  • Fungsi Filter Udara Sepeda Motor
    Memahami Fungsi Filter Udara Sepeda Motor
Semua tipe sepeda motor sekarang ini umumnya sudah menggunakan teknologi injeksi. Salah satu komponen yang sangat penting dalam rangkaian teknologi injeksi, yaitu filter udara atau saringan udara. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara dari kotoran atau debu yang akan masuk ke mesin atau ruang bakar, karena mesin membutuhkan udara.

Ade Rohman, Asisten Manager Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, filter udara mempunyai peranan yang sangat penting di dalam sebuah bagian sepeda motor. Apabila filter udara tidak dilakukan perawatan secara berkala, maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Contohnya, apabila filter udara kotor, maka udara yang masuk ke mesin menjadi lebih sedikit. Sehingga, menyebabkan performa mesin menjadi tidak optimal. “Perbandingan udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin menjadi tidak ideal, sehingga bahan bakar pada sepeda motor akan terasa boros,” kata Ade, dalam keterangan resminya.

Ade mengatakan, perbandingan udara dan bahan bakar tidak ideal menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Selain itu, juga dapat menyebabkan terjadi endapan karbon di dalam ruang bakar. Banyaknya endapan karbon bisa menyebabkan knocking atau ngelitik. “Tentunya ini akan menyebabkan performa mesin berkurang dan mesin cepat rusak pembakaran tidak sempurna bisa mempercepat kerusakan pada busi dan beberapa komponen lainnya,” ujar Ade.
Sumber: kompas